|
Memahami tekanan zat
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
|
Menyajikan data
hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu,
gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
|
Melalui Pembelajaran
model Discovery Learning peserta didik dapat
memahami tekanan zat dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis,
dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan dan terampil menyajikan data hasil percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas,
misalnya dalam batang tumbuhan berperilaku teliti, jujur, tekun terhadap
data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam observasi, berperilaku
santun dan berani mengajukan pertanyaan dan argumentasi.
|
|
Model:
Discovery
Learning
Produk:
Laporan percobaan
Deskripsi:
Secarakolaboratifmelakukan penyelidikan tentang tekanan pada zat padat
|
Pendahuluan:
Salam, memimpindoa,
mengecek kehadiran siswa, menyampaikan scenario pembelajaran
Motivasi: Menayangkan video Xmen (tokoh Magneto)
Inti:
Stimulation
· Siswa diberi pertanyaan:bila kaki ayam dan bebek menginjak tempat yang
berlumpur, manakah yang menunjukkan bekas paling dalam?
Problem statement
·
Guru memberikankesempatankepada siswa untuk melakukan percobaan tentang “tekanan pada benda padat”
Data collection
·
Siswamelakukan praktikum menyelidiki tekanan pada benda padat.
Menggunakan tanah liat atau tepung terigu yang sedikit dibasahi dengan air
(seperti mainan clay).
Data processing
· Siswa mengolah informasi
(data yang diperoleh) sesuai dengan petunjuk pada lembar kerja siswa (LKS)
Verifikasi
· Siswa berdiskusi dengan
teman kelompoknya dan mencari rujukan untuk memperkuat dan meverifikasihasil pengamatan
yang telah dilakukan dan mempresentasikan
hasil kerja
kelompoknya didepan kelas
Generalization
Siswa menyimpulkan hasil kerja kelompoknya
Penutup:
· Peserta didik membuat
kesimpulan
· Guru melakukan refleksi,
penghargaan dan tindak lanjut
|
Religiusdankemandirian
Kritisdankomunikatif
Kritis, komunikatif,
problem solving, literasi
Kritis,
komunikatif, kolaboratif, problem solving,literasi, integritasgotongroyong
Kritis, kreatif,
kolaboratif, komunikatif, literasi
|
5’
5’
5’
10’
40’
40’
10’
5’
|
|
Mengetahui, Pangkajene, Januari 2020
Kepala Sekolah, Guru Mapel,
Ambo Sakka, S. Ag., M. Si. Samsinur,
S. Pd., M. Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar