|
Menganalisis sifat-sifat
cahaya,pembentukanbayangan padabidang datar danlengkung, serta penerapannya untuk
menjelaskan proses penglihatan manusia,
mata serangga, dan prinsip kerja alatoptik
|
Menyajikan
hasilpercobaan tentang pembentukan bayangan padacermin dan lensa
|
|
3.12.1 Menjelaskan pembentukan bayangan pada lensa;
3.12.2 Menjelaskan
sinar-sinar istimewa pada pembiasan cahaya oleh lensa cembung;
3.12.3 Menjelaskan
sinar-sinar istimewa pada pembiasan cahaya oleh lensa cekung;
3.12.4 Menggambar pembentukan bayangan pada lensa;
3.12.5 Menganalisis keterkaitan antara titik fokus, jarak benda, dan
jarak bayangan pada lensa cembung.
|
4.12.1 Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada
lensa
|
|
Melalui
Pembelajaran model Problem Based
Learning peserta didik dapat menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan
bayangan pada bidang datar dan lengkung, serta penerapannya untuk menjelaskan
proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik dan
terampil menyajikan hasil percobaan
tentangpembentukan bayangan pada cermin dan lensa berperilaku teliti, jujur,
tekun terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam
observasi.
|
|
Model:
Problem Based
Learning
Produk:
Laporan percobaan
pembiasan cahaya pada lensa cembung
Deskripsi:
Secara kolaboratif melakukan percobaan tentang pembentukan bayangan pada lensa cembung
|
Pendahuluan:
Salam, memimpin
doa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan skenario pembelajaran
Motivasi: Memperlihatkan
lup beserta fungsinya
Inti:
1. Orientasi masalah
· Bagaimanakah
pembentukan bayangan pada lensa cembung dan lensa
cekung?
· Bagaimanakah sinar-sinar istimewa pada lensa cekung dan cembung?
· Bagaimakah hubungan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa
cembung?
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
· Peserta didik memprediksi
bagaimana hubungan antara
titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembungmelaui studi
literasi
3. Membimbing penyelidikan kelompok
· Peserta didik
melakukan penyelidikan bagaimana hubungan antara titik
fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung
· Peserta didik
melakukan diskusi dan analisis berdasarkan hasil pengamatan
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·
Peserta didik membuat data pengamatan berdasarkan
hasil pengamatan
·
Peserta didik mempresentasikan laporan dan
hasil analisis data
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
· Guru
mengklarifikasi hasil analisis peserta didik
Penutup:
· Peserta didik
membuat kesimpulan
· Guru melakukan
refleksi, penghargaan dan tindak lanjut
|
Religius dan
kemandirian
Kritis dan
komunikatif
Kritis, komunikatif,
problem solving, literasi
Kritis,
komunikatif, kolaboratif, problem solving,literasi, integritas gotong royong
Kritis, kreatif,
kolaboratif, komunikatif, literasi
|
5’
5’
5’
10’
40’
40’
10’
5’
|
|
Mengetahui, Pangkajene,
Januari 2020
Kepala Sekolah, Guru Mapel,
Ambo Sakka, S. Ag., M. Si. Samsinur,
S. Pd., M. Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar