Minggu, 14 Juni 2020

RPP IPA Kelas VIII Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia (Ginjal)

         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Identitas Sekolah

Mata Pelajaran

Kelas/Semester

Alokasi Waktu

SMPN 3 Pangkajene

Ilmu Pengetahuan Alam

VIII/Genap

3 JP

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3.10

KD 4.10

Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan

pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya

dalam menjaga kesehatan diri

IPK 3

IPK 4

3.10.1  Menyebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia, 3.10.2 Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi, 3.10.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi pada organ

Ginjal

 

4.10.1  Membuat karya tentang berbagai penyakit atau gangguan pada 

sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan diri, 4.10.2  Merencanakan pola hidup sehat untuk menjaga sistem ekskresi

Melalui Pembelajaran model Problem Based Learning peserta didik dapat  Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi dan terampil  Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri,berperilaku teliti, jujur, tekun terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan peduli dalam observasi, berperilaku santun dan berani mengajukan pertanyaan dan argumentasi.

Materi Pembelajaran

Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia (Ginjal)

 

Model, Produk, Deskripsi

Langkah Pembelajaran

PPK, Literasi, 4C, HOTS

Waktu

Model:

Problem Based Learning

Produk:

Laporan kegiatan

Deskripsi:

Secara kolaboratif mengamati struktur ginjal dan melakukan percobaan penyaringan urine

Pendahuluan:

Salam, memimpin doa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan skenario pembelajaran

Motivasi: Menayangkan gambar ginjal

Inti:

1.   Orientasi masalah

·      apakah fungsi ginjal?

·      Bagaimana struktur ginjal?

·      Bagaimanakah cara kerja ginjal?

·      Bagaimakah caramemlihara kesehatan ginjal?

2.   Mengorganisasi peserta didik untuk belajar

·       Peserta didik mempersiapkan untuk kegiatan pengamatan

3.   Membimbing penyelidikan kelompok

·       Peserta didik melakukankegiatan 9.1 (membuat model penyaringan darah)

·       Peserta didik melakukan diskusi dan analisis berdasarkan hasil pengamatan

4.   Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

·        Peserta didik membuat model penyaringan darah berdasarkan hasil pengamatan dan analisisinya

·        Peserta didik mempresentasikan  hasil pengamatan

5.   Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·      Guru mengklarifikasi hasil analisis peserta didik

Penutup:

·      Peserta didik membuat kesimpulan

·      Guru melakukan refleksi, penghargaan dan tindak lanjut

 

Religius dan kemandirian

 

 

 

Kritis dan komunikatif

 

 

Kritis, komunikatif, problem solving, literasi

 

 

Kritis, komunikatif, kolaboratif, problem solving,literasi, integritas gotong royong

 

Kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif, literasi

 

 

 

5’

5’

 

 

5’

 

 

 

10’

 

 

 

40’

 

 

 

 

40’

 

 

 

10’

 

 

5’

Alat, Bahan, dan Media:

Gambar struktur ginjal,

 

Penilaian :Tes tulis (berupa pilihan ganda dan uraian) dan tes kinerja

Remidial: Penugasan tentang proses penyaringan pada ginjal

Pengayaan :

Mengetahui,                                                                     Pangkajene,        Januari 2020

Kepala Sekolah,                                                              Guru Mapel,

 

 Ambo Sakka, S. Ag., M. Si.                                          Samsinur, S. Pd., M. Pd.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar