|
3.10.1 Menyebutkan
organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia, 3.10.2 Mendeskripsikan
fungsi sistem ekskresi, 3.10.3 Menganalisis keterkaitan antara struktur dan
fungsi pada organ
Ginjal
|
4.10.1 Membuat karya
tentang berbagai penyakit atau gangguan pada
sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan diri,
4.10.2 Merencanakan pola hidup sehat
untuk menjaga sistem ekskresi
|
|
Melalui Pembelajaran model Problem Based Learning peserta didik dapat Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi dan terampil Membuat
karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga
kesehatan diri,berperilaku
teliti, jujur, tekun terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab dan
peduli dalam observasi, berperilaku santun dan berani mengajukan pertanyaan
dan argumentasi.
|
|
Model:
Problem Based
Learning
Produk:
Laporan kegiatan
Deskripsi:
Secara kolaboratif
mengamati struktur ginjal dan melakukan percobaan penyaringan urine
|
Pendahuluan:
Salam, memimpin
doa, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan skenario pembelajaran
Motivasi: Menayangkan gambar ginjal
Inti:
1. Orientasi masalah
· apakah fungsi ginjal?
· Bagaimana struktur ginjal?
· Bagaimanakah cara kerja ginjal?
· Bagaimakah caramemlihara kesehatan ginjal?
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
· Peserta didik mempersiapkan untuk kegiatan pengamatan
3. Membimbing penyelidikan kelompok
· Peserta didik
melakukankegiatan 9.1 (membuat model penyaringan darah)
· Peserta didik
melakukan diskusi dan analisis berdasarkan hasil pengamatan
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·
Peserta didik membuat model penyaringan darah berdasarkan hasil pengamatan dan analisisinya
·
Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
· Guru
mengklarifikasi hasil analisis peserta didik
Penutup:
· Peserta didik
membuat kesimpulan
· Guru melakukan
refleksi, penghargaan dan tindak lanjut
|
Religius dan
kemandirian
Kritis dan
komunikatif
Kritis, komunikatif,
problem solving, literasi
Kritis,
komunikatif, kolaboratif, problem solving,literasi, integritas gotong royong
Kritis, kreatif,
kolaboratif, komunikatif, literasi
|
5’
5’
5’
10’
40’
40’
10’
5’
|
|
Mengetahui, Pangkajene, Januari 2020
Kepala Sekolah, Guru Mapel,
Ambo Sakka, S. Ag., M. Si. Samsinur,
S. Pd., M. Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar